• 0271 733760
  • smk@smkitsi.sch.id


       

 

Sejarah Singkat

Sejarah singkat SMK IT Smart Informatika

Yayasan Solopeduli sebagai salah satu Lembaga Amil Zakat yang sejak 10 tahun yang lalu konsentrasi membantu masyarakat miskin merasa terpanggil untuk ikut serta mendirikan sekolah gratis untuk anak-anak miskin. Berbekal komitmen yang kuat, tekat mendirikan Sekolah Gratis ini diharapkan Yayasan Solopeduli dapat ikut serta aktif dalam rangka meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlakul karimah, serta keterampilan anak bangsa untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut sesuai dengan kejuruannya.

Lembaga Amil Zakat Yayasan Solopeduli (YSP) yang didirikan oleh Danie H. Soe’oed selaku Pimred Harian Umum Solopos, Drs. Mulyanto utomo selaku Wakil Pimpinan redaksi Solopos, dan Erie Sadewo selaku Dirut Dompet Dhu’afa pada waktu itu, berpandangan bahwa penyelenggaraan sekolah gratis untuk anak-anak miskin untuk melanjutkan sekolah merupakan langkah nyata upaya memandirikan ummat. Hal ini didasari atas sebuah realitas banyak siswa yang mengajukan beasiswa ke YSP khususnya di wilayah eks Karisidenan Surakarta. Program Sekolah Gratis ini untuk anak-anak miskin sebagai penjabaran mimpi menjadikan “Solo Kota Peduli”, ternyata sesuai dengan program Walikota Surakarta, Ir. Joko Widodo dalam upaya pengetasan kemiskinan, pendidikan murah/gratis, dan kepedulian masyarakat Solo terhadap sesama.

Setelah ditetapkan sebagai target program tahunan YSP dan melalui diskusi, sharing, dan analisis yang mendalam, akhirnya kami sepakat untuk segera mendirikan  sekolah gratis dengan bentuk SMK. Dari sekian banyak pilihan jurusan yang ada, berdasarkan analisis pasar industri di masa depan YSP memutuskan konsentrasi jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ). Untuk melengkapi skill siswa, kami padukan program pembelajaran dengan pembinaan keislaman/religi yang lebih intensif guna menyiapkan siswa yang berprestasi, islami, dan mandiri dengan pendidikan model Islam Terpadu, dimana semua maple seslalui terintegrasikan dengan nilai-nilai keislaman.

Sesuai dengan konsentrasi dan cirri khasnya, akhirnya kami memilih nama Sekolah Menengah Kejuruan Islam Terpadu Smart Informatika (SMK IT Smart Informatika) untuk sekolah ini. Dengan konsep 100%  Gratis dari semua biaya, hal ini diharapkan dapat mampu mewadai anak-anak miskin yang tidak mampu melanjutkan pendidikan ke jenjang pendidikan sekolah menengah setingkat SMA.

Tahun Ajaran pertama dibuka tahun 2009-2010 SMKIT Smart Informatika sudah mendapatkan respon yang positif khususnya di wilayah Karisidenan Surakarta, hal ini terbukti dari jumlah pendaftar yang mencapai 113 siswa yang mayoritas dari kalangan dhuafa. Karena keterbatasan beasiswa yang disediakan Yayasan Solopeduli, hanya 60 siswa yang diterima terdiri dari 30 siswa putra dan 30 siswa putri dari berbagai wilayah di eks Karisidenan Surakarta.  Tepat, hari Senin, 13 Juli 2009 menjadi hari pertama masuk sekolah tetapi saat itu, SMK IT Smart Informatika belum memiliki gedung sehingga proses KBM dilakukan di sebuah villa diTawangmangu, Karanganyar sembari yayasan mencari gedung yang bisa disewa buat gedung SMK.

Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) yang diselenggarakan Villa berlangsung selama 2 minggu, sebelum akhirnya yayasan menemukan gedung eks SDN Gremet 1 milik Pemerintah Kota Surakarta di Jl. Srigunting VII Gremet, Manahan, Banjarsari yang sudah beberapa tahun kosong sebab sudah mengalami regrouping dengan SDN Manahan. Kondisi gedung yang tidak terawat, kotor, ilalang tumbuh subur di halaman sekolah, serta masih dihuni oleh sebagian warga pendatang tidak menciutkan Yayasan Solopeduli untuk memanfaatkan bekas SDN tersebut menjadi gedung SMK. Awal mulanya, SMK IT Smart Informatika hanya memanfaatkan 3 ruang kelas yang diperuntukan 2 ruang untuk KBM dan 1 ruang untuk kantor.

Pelaksanaan KBM pada bulan pertama masih berjalalan dengan menggunankan fasilitas yang terbatas, para siswa harus mengikuti pelajaran ditikar dan papan yag sederhana, pasalnya fasiltas seperti kursi, papan tulis, buku pegangan belum tersedia.

Akte Notaris

Penanggung Jawab SMK IT Smart Informatika Surakarta adalah Yayasan Solopeduli (YSP) dengan No.Akta Notaris 03, Notaris Ny. Sri Widyati Adi Sucipto, S.H. dengan nomor NPWP. 1.015.248.7-526.

Surat izin pendirian sekolah

Mengacu pada Surat Keputusan Walikota Surakarta No: 030/978/ tanggal 24 Maret 2010 tentang Ijin Pemanfaatan Barang Milik Daerah, Surat Keputusan Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Kota Surakarta No. 593.11/486/2010 tanggal 31 Januari 2010 tentang Ijin Pemakaian Tanah Daerah dan Kios yang Disewakan, dan Surat Keputusan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Surakarta No. 197/5294/Dikmen/2010 tanggal 20 Juli 2010 tentang Rekomendasi Pendirian dan Penyelenggaraan.

Lokasi Sekolah

Sekolah yang kami selenggarakan ini menempati gedung fasilitas milik Pemerintah Kota Surakarta, yaitu Eks. SDN Gremet 1 yang beralamat di Jl. Srigunting VII Rt.04 Rw.XI, Gremet, Manahan, Banjarsari, Surakarta, Jawa Tengah. Telp. (0271) 733760. Sekolah ini memiliki luas + 1.962 m2 dengan nomor hak pakai 32. Lokasi SMK IT SI berada di wilayah yang relative dekat dengan berbagai institusi pemerintah maupun pendidikan lainnya. Lembaga pendidikan yang terdekat antara lain SMK N 2 Surakarta, SMA N 4 Surakarta, SMK N 5 Surakarta, SMK N 6 Surakarta, dan SMK N 7 Surakarta. Adapun institusi pemerintah terdekat diantaranya Pukesmas Manahan, Poltabes Surakarta, dan Stadion Manahan Surakarta.

 

Manajemen Sekolah Awal

 

Pembina  :

Drs. Mulyanto Utomo

Danie H. Soe’oed

Prof. Dr. M. Furqon Hidayatullah, M.Pd

Prof. Dr. Muhammad Akhyar, M.Pd

 

Pendiri    :

Supomo, S.S

Sri Dewi Lestari, S.E

Laila Khusnaini, S.Pt

Tugiman, S.Pd.I

 

Komite Sekolah :

Iwan Agus Kistanto, S.E

Tri Yanuarti

S. Nurnaningsih

 

Konsultan Sekolah :

M. Sholeh Pratono, S.Si

 

Kepala Sekolah :

Imam Mas Arum, S.Pd., M.Pd